Bagaimana Teknik Scream dan Growl

Seorang vokalis band Metal, Metal Core, Hardcore maupun Screamo adalah penyanyi yang perlu menguasai teknik 'screaming' dan 'growling' sempurna untuk menjadi vokalis yang efektif.

Sayangnya, jika anda melakukan 'scream' dan 'growl' dengan teknik yang salah, dapat menimbulkan kerusakan tidak dapat diperbaiki pada pita suara anda. Hal ini terjadi pada M. Shadows dari Avenged Sevenfold dan Davey Havok dari AFI. Oleh karena itulah, belajar dengan benar bagaimana untuk 'scream' dan 'growl' itu sangat penting jika ingin pita suara anda tetap sehat, dan pada saat yang sama, anda bisa mendapatkan suara seperti yang anda inginkan dari suara anda.


Berikut ini adalah sedikit petunjuk bagaimana melakukan teknik 'scream' dan 'growl' dengan benar :




1. Belajar menyanyi dengan benar.

     Banyak orang yang ingin scream atau growl tapi malah mengabaikan teknik bernyanyi normal. Dapatkan pelajaran menyanyi dari seorang pelatih vokal. Bekerja pada suara alami Anda, memberikan perhatian khusus pada teknik artikulasi, volume, resonansi dan pernapasan.


2. Menyanyi dari diafragma anda, bukan dari tenggorokan anda.

      Diafragma terletak di bawah paru-paru dan otot penting dalam proses pernapasan. Ini adalah satu hal yang harus anda pelajari dalam kursus pelajaran vokal Anda, terutama sangat penting ketika screaming dan growling. Kekuatan back-up growling dan screaming anda datang dari diafragma, bukan tenggorokan. Screaming dari tenggorokan anda hanya akan merusak pita suara anda sampai tingkat kerusakan terberat.


 3. Pemanasan dengan benar sebelum screaming atau growling.

      Pada akhirnya, suara screaming atau growling adalah hanya versi terdistorsi dari suara alami anda, sehingga suara alami anda perlu dijalankan pertama. Jika anda melakukannya atau berlatih dengan salah satu band, menyanyilah setidaknya 30 menit dalam suara alami anda untuk mempersiapkan suara Anda untuk strain of screaming. Ini harus dibarengi dengan 10 menit latihan pernapasan.


4. Praktek growling dan screaming dari diafragma Anda.

     Kadang-kadang sulit untuk mendapatkan volume yang diperlukan dan kekuatan didalam growl anda tanpa bergantung pada tenggorokan, tapi seiring waktu, suara yang anda akan dapatkan lebih kuat. Bernyanyilah bersama lagu-lagu favorit anda saat anda mulai meningkatkan screaming anda. Berhenti berlatih jika suara yang anda keluarkan mulai menimbulkan rasa sakit.


5. Minum air hangat sebelum dan setelah satu lagu.

    Ini akan menjaga kelembaban tenggorokan dan berdehem. Ini berguna juga untuk mempersiapkan suara yang terbaik dan mengurangu ketegangan. Terus minum air hangat setelah dan setiap beberapa lagu.




Semoga sedikit tulisan saya ini bisa menjadi acuan bagi teman-teman yang ingin mengetahui teknik-teknik scream maupun growl yang benar.

Related Post:

0 komentar:

Poskan Komentar